30 Tahun Lalu, SMS Pertama di Dunia Berhasil Dikirim

Short Message Service atau SMS merupakan salah satu layanan Komunikasi yang kita kenal saat ini yang sudah ada sejak 30 Tahun lalu, lebih tepatnya pada 3 Desember 1992. Lalu apa pesan yang dikirimkan pertama kali? Pada Tahun tersebut, SMS masih dalam tahap uji coba dan pesan SMS pertama yang terkirim saat itu berupa “Merry Christmas” yang artinya “Selamat Natal”.

Short Message Service dikirm oleh Nil Papworth untuk atasannya yaitu Richard Jarvis yang sedang berada di Pesta Natal. Ponsel yang digunakan Richard Jarvis adalah Orbitel 901 yang memiliki berat 2.1 Kilogram. Tetapi Nil Papworth tidak dapat balasan dari atasannya karna seperti yang kalian tahu jika Ponsel saat itu tidak memiliki Fitur SMS dan hanya bisa menerima pesan saja. Semenjak saat itu, SMS terus berkembang yang diperkenalkan kepada Ponsel pada Tahun 1993 setahun sesudah SMS pertama dikirim. Saatnya kalian mendapatkan Situs Slot Gacor yang tepat disini. Dan pada Tahun 2000an, SMS dikenal dengan luas karena Ponsel mengalami peminat yang banyak.

Dikembangkan Pada Tahun 80an

Meski SMS pertama dikirim pada Tahun 1992, Tetapi sudah dikembangkan di Tahun 1984 oleh insiyur Bernama Friedhelm Hillebrand asal Jerman dan rekannya Bernard Ghillebaert asal Prancis. Mereka membuat teknologi yang mungkinkan pesan dapat ditukarkan melalui jaringan telepon dengan manfaatkan Bandwitch yang tidak dipakai. Sistem ini yaitu Global System for Mobile Communication atau GSM.

Pada awalnya, Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert menemukan jika teknologinya pada saat itu hanya memiliki batas 128 Byte yang dibatas menjadi 160 Karakter saja dan mereka merasa cukup untuk membuat pesan dengan ringkas. Saat itu SMS hanya bisa dilakukan dengan Teks saja yang semakin berkembang hingga saat ini.

Perkembangan SMS dari Masa ke Masa

Layanan SMS saat ini memang sudah mulai ditinggali tetapi SMS masih digunakan oleh segelintir orang seperti One Time Password atau OTP yang hanya bisa didapatkan di SMS saat ini. Pada Tahun 2012 telah terkirim 150 Miliar pesan setiap harinya yang menurun sehingga 40 Miliar pada Tahun 2021 yang dimana Sosial Media merajai pesan singkat tanpa adanya biaya dan semakin popular dan SMS menjadi hilang dari radar.

Walau begitu SMS masih digunakan seperti di Perusahaan untuk mengatur janji temu dengan orang lain dan juga orang di kantor sebagai otentikasi. Dan SMS memiliki keamanan yang kurang terjamin membuat banyak yang ragu memakai SMS dikarenakan Teknologinya sudah lawas dan tidak mendukung enkripsi end to end. Tetapi untuk di pedesaan SMS masih dipakai yang dikarnakan banyak pedesaan tidak mendapat akses Internet membuat SMS diperlukan di Sebagian tempat di berbagai Dunia seperti Indonesia salah satunya.